Jumat, 14 Oktober 2011

Aturan Makan untuk Mengatasi Gangguan Tidur

Apakah Anda pernah merasa seperti Anda tahu hanya cukup tentang
akan berbahaya? Mari kita lihat apakah kita dapat mengisi sebagian dari celah dengan info terbaru dari para ahli
.
KOMPAS.com " Gangguan tidur disebabkan banyak faktor. Salah satunya pilihan makanan dan waktu makan. Agar tidur tetap nyenyak, yang perlu Anda lakukan adalah mengatur waktu makan dan memilih makanan tepat menjelang waktu tidur.

Simak aturan makan dan pilihan makanan tepat yang bikin tidur nyenyak, seperti disampaikan Wied Harry Apriadji dalam bukunya, Good Mood Food.

1. Aturan makan protein hewani
Bagi orang yang sensitif, makan protein hewani berlebihan pada saat santap malam dapat mempersulit tidur. Sebab, asupan banyak protein meningkatkan produksi hormon norepinefrin dan dopamin, yang justru meningkatkan kesadaran Anda.

Konsumsi protein hewani berlebihan juga menghambat produksi serotonin, zat penghantar saraf otak pemicu kantuk. Untuk itu, lauk hewani disarankan dinikmati lima jam sebelum berangkat tidur, yang merupakan waktu optimal untuk pencernaan protein.

2. Batasi bumbu tajam dan merangsang
Bumbu tajam dan merangsang berpotensi mengganggu tidur. Seperti makanan pedas, makanan mengandung banyak bawang putih, atau makanan yang menggunakan banyak vetsin atau MSG. Anda juga perlu membatasi makanan yang menimbulkan rasa panas di ulu hati atau yang berpotensi menghasilkan banyak gas di dalam sistem pencernaan sehingga bikin kembung.

Jika Anda memakan makanan yang memicu semua hal tadi, segera batasi atau hindari makanan tersebut, apalagi menjelang waktu tidur.

Sepertinya informasi baru ditemukan tentang sesuatu setiap hari. Dan topik
tidak terkecuali. Jauhkan membaca untuk mendapatkan berita lebih segar tentang
.

3. Waspadai makanan pemicu alergi
Gangguan sulit tidur juga bisa muncul akibat mengonsumsi makanan pemicu alergi. Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa.

Makanan yang lazim menyebabkan alergi di antaranya cokelat, susu, kerang, putih telur, kacang tanah, zat pewarna sintetis, ragi yang terdapat pada roti, tempe, tapai.

Kenali makanan apa yang membuat Anda alergi. Hindari makanan tersebut 1-2 minggu sambil mengamati reaksinya. Jika makanan ini menyebabkan alergi dan mengakibatkan sulit tidur, sebaiknya tinggalkan sementara makanan ini. Namun, jika gangguan tidur teratasi, cobalah konsumsi makanan ini secara bertahap. Namun, jika Anda kembali sulit tidur, sebaiknya jauhi makan makanan ini.

4. Kombinasi dengan makanan vegetarian
Agar nyenyak tidur di malam hari, coba menu ini. Konsumsi protein hewani seperti ayam goreng atau steak sapi pada sore hari sebagai kudapan. Pada malam harinya, pastikan Anda hanya makan menu vegetarian dengan sayuran.

Atau pilihan lainnya, santap menu protein hewani pada saat makan siang, sedangkan makan malam pilih menu vegetarian. Cara ini dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur di malam hari.

Asupan lain yang juga perlu dihindari jelang waktu tidur adalah kopi, minuman beralkohol, gula, dan makanan-minuman bergula. Selain itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat penurun demam dan obat asma, jangan heran jika Anda mengalami gangguan tidur. Apalagi, jika Anda merokok, kebiasaan ini memicu munculnya gangguan sulit tidur.

Saya berharap bahwa membaca informasi di atas adalah menyenangkan dan pendidikan untuk Anda. Anda proses pembelajaran harus berlangsung - semakin Anda memahami tentang subjek apapun, semakin Anda akan dapat berbagi dengan orang lain.

Tidak ada komentar: