KOMPAS.com - Hidup tak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya manusia maupun perusahaan harus mengalami krisis. Ada yang berhasil melewatinya, namun ada pula yang menyerah.Howard Schultz adalah salah satu yang berhasil melewati krisis yang dialami perusahaan miliknya, Starbucks. Kisah perjuangan Schultz membawa Starbucks keluar dari krisis dituangkan dalam sebuah buku berjudul Onward: How Starbucks Fought for Its Life without Losing Its Soul. Buku ini resmi dirilis di Indonesia bulan Mei 2011. Howard Schultz adalah Chairman, President, dan CEO dari Starbucks. Tahun 2001, Schultz mundur dari jabatan CEO dan mengurangi kegiatan operasional sehari-hari. Selama delapan tahun mengawasi, Starbucks pun mengalami krisis yang memuncak di tahun 2008. Pada tahun itu Schultz memutuskan untuk kembali menduduki jabatan CEO dan berusaha mengeluarkan Starbucks dari krisis.Konsep Starbucks Experience mengalami perubahan demi pertumbuhan ekonomi, dan Schultz bertekad untuk membuat Starbucks kembali pada nilai-nilai dasar, sekaligus memperbaiki kesehatan secara finansial. Melalui Onward, ia berbagi cerita bagaimana ia kembali ke perusahaan tersebut dan seberapa besar transformasi yang dilakukannya setelah itu. Ia membuka semua rahasia, bagaimana di saat kondisi ekonomi paling buruk dalam sejarah, Starbucks justru berhasil mendapatkan profit. "Ada satu tempat di California yang kumuh, dan salah satu store Starbucks ada di wilayah tersebut. Akhirnya Howard mengirimkan memo kepada top management untuk menyikapi hal ini agar store Starbucks tidak ikut-ikutan kumuh begitu. Tapi memo ini kemudian dijual ke media dan akhirnya dipublikasikan ke seluruh dunia dengan simpang-siur. Kisah bocornya memo ini juga diceritakan Howard dalam bukunya," ujar Farah Milda, General Manager-Operations Starbucks, saat bedah buku di Kinokuniya Bookstore, Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (4/5/2011) lalu. Anda tidak dapat mempertimbangkan semua yang anda hanya membaca untuk menjadi informasi penting tentang
. Tapi jangan heran jika Anda menemukan diri Anda mengingat dan menggunakan informasi ini sangat dalam beberapa hari mendatang.
Howard juga pernahmenutup seluruh toko Starbucks di Amerika Serikat untuk beberapa jam demi keperluan training karyawan. "Keputusan ini secara ekonomi merugikan karena berapa kerugian jika toko tutup tiga jam? Namun ternyata keputusan berani Howard tersebut justru membawa dampak baik bagi Starbucks. Banyak konsumen mencari-cari Starbucks, bahkan sengaja datang untuk minum kopi sebelum ditutup. Setelah buka kembali, para konsumen puas dengan hasil training dengan meningkatnya kualitas kopi yang dijual," jelas Farah. Sebelumnya Schultz juga pernah menulis buku tentang Starbucks dengan judul Pour Your Heart into It (Hyperion; 1997). "Perbedaan buku pertama dan kedua ini adalah bahwa buku pertama lebih bercerita tentang how to build company, sedangkan buku kedua lebih kepada bagaimana mempertahankan perusahaan di saat krisis. Jadi memang dua buku ini sangat berbeda," tambah Farah. Selain bicara tentang manajemen dan entrepreneurship, buku ini juga memberi penjelasan tentang produk Starbucks itu sendiri. Dimulai dari pemilihan bahan baku kopi, cara mengolah kopi, mencampur bahan minuman, mesin pembuat kopi, standar toko, sampai pembuatan merchandise. Di Indonesia, Farah berharap buku ini bisa mengedukasi konsumen tentang produk yang dikonsumsinya. "Kami mengharapkan customer juga memberikan feedback setelah membaca buku ini melalui e-mail," ungkap Farah. Feedback bisa dikirimkan via e-mail ke: feedback@starbucks.co.id. Di Amerika, tur buku Onward telah dimulai di kota New York sejak tanggal 29-30 April 2011, dilanjutkan ke beberapa kota lainnya. Akhir bulan April, terjemahan buku Onward ini hadir di China, Jepang, Korea, Taiwan, Thailand, Inggris, Rusia, dan Brazil. Pada September 2011, Onward rencananya juga akan diterjemahkan dan diterbitkan di Perancis, Jerman, dan Spanyol. Di Indonesia sendiri buku Onward bisa didapatkan di beberapa toko buku, termasuk juga di sebagian besar toko Starbucks dengan penawaran khusus.Untuk pembaca tuna netra, The National Braille Press juga menawarkan buku Onward dalam format e-Braille yang bisa di-download secara gratis melalui situs: http://www.nbp.org/ic/nbp/ONWARD.html. Tentunya Starbucks Experience yang selalu diusung Howard Schultz untuk pelanggannya semakin lengkap. Anda bisa menambah pengalaman bersama Starbucks dengan membaca buku berkualitas ini, sambil menyeruput kopi di berbagai store Starbucks.
. Tapi jangan heran jika Anda menemukan diri Anda mengingat dan menggunakan informasi ini sangat dalam beberapa hari mendatang.
Howard juga pernahmenutup seluruh toko Starbucks di Amerika Serikat untuk beberapa jam demi keperluan training karyawan. "Keputusan ini secara ekonomi merugikan karena berapa kerugian jika toko tutup tiga jam? Namun ternyata keputusan berani Howard tersebut justru membawa dampak baik bagi Starbucks. Banyak konsumen mencari-cari Starbucks, bahkan sengaja datang untuk minum kopi sebelum ditutup. Setelah buka kembali, para konsumen puas dengan hasil training dengan meningkatnya kualitas kopi yang dijual," jelas Farah. Sebelumnya Schultz juga pernah menulis buku tentang Starbucks dengan judul Pour Your Heart into It (Hyperion; 1997). "Perbedaan buku pertama dan kedua ini adalah bahwa buku pertama lebih bercerita tentang how to build company, sedangkan buku kedua lebih kepada bagaimana mempertahankan perusahaan di saat krisis. Jadi memang dua buku ini sangat berbeda," tambah Farah. Selain bicara tentang manajemen dan entrepreneurship, buku ini juga memberi penjelasan tentang produk Starbucks itu sendiri. Dimulai dari pemilihan bahan baku kopi, cara mengolah kopi, mencampur bahan minuman, mesin pembuat kopi, standar toko, sampai pembuatan merchandise. Di Indonesia, Farah berharap buku ini bisa mengedukasi konsumen tentang produk yang dikonsumsinya. "Kami mengharapkan customer juga memberikan feedback setelah membaca buku ini melalui e-mail," ungkap Farah. Feedback bisa dikirimkan via e-mail ke: feedback@starbucks.co.id. Di Amerika, tur buku Onward telah dimulai di kota New York sejak tanggal 29-30 April 2011, dilanjutkan ke beberapa kota lainnya. Akhir bulan April, terjemahan buku Onward ini hadir di China, Jepang, Korea, Taiwan, Thailand, Inggris, Rusia, dan Brazil. Pada September 2011, Onward rencananya juga akan diterjemahkan dan diterbitkan di Perancis, Jerman, dan Spanyol. Di Indonesia sendiri buku Onward bisa didapatkan di beberapa toko buku, termasuk juga di sebagian besar toko Starbucks dengan penawaran khusus.Untuk pembaca tuna netra, The National Braille Press juga menawarkan buku Onward dalam format e-Braille yang bisa di-download secara gratis melalui situs: http://www.nbp.org/ic/nbp/ONWARD.html. Tentunya Starbucks Experience yang selalu diusung Howard Schultz untuk pelanggannya semakin lengkap. Anda bisa menambah pengalaman bersama Starbucks dengan membaca buku berkualitas ini, sambil menyeruput kopi di berbagai store Starbucks.
bisa menarik. Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab tentang
, Anda mungkin menemukan apa yang Anda cari dalam artikel berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar