Selasa, 12 April 2011

Simpanan Nasabah Kelas Premium Bertambah

Artikel berikut ini berisi beberapa, tips sederhana informatif yang akan membantu Anda memiliki pengalaman yang lebih baik dengan
.
JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi telah menciptakan kelas menengah baru yang memiliki tingkat literasi yang tinggi terhadap produk atau jasa perbankan dan keuangan. Kelas menengah ini sudah mengenal baik produk-produk investasi melalui layanan perbankan personal.

Demikian pendapat ekonom BNI, Ryan Kiryanto, kepada Kompas, Selasa (12/4/2011), menanggapi semakin meningkatnya kelas nasabah premium di perbankan. Mereka ini ciri-cirinya berpendidikan tinggi, pekerjaan mapan, penghasilan tinggi, melek sosial, politik, dan hukum, kata Ryan.

Kelompok semacam ini juga memiliki mobilitas tinggi dan sadar kesehatan bank. Kelompok ini menjadi target bank-bank yang menawarkan perbankan privat, kata Ryan.

Data Lembaga Penjamin Simpanan menunjukkan, simpanan nasabah kelas premium, yakni di atas Rp 500 juta, semakin bertambah. Total jumlah simpanan yang terdiri dari tabungan, giro, deposito, sertifikat deposito, dan simpanan lainnya mencapai Rp 1.535 triliun per Februari 2011. Simpanan itu terdiri dari 536.270 rekening.

Pada Februari 2010, simpanan nasabah dengan nilai di atas Rp 500 juta mencapai Rp 1.244 triliun. Artinya, dalam setahun meningkat Rp 291 triliun.

Executive Vice President Product Management Division BNI Diah Sulianto memaparkan, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menyimpan dana di bank sekaligus berinvestasi turut mendorong pertumbuhan nasabah kelas premium.

Sepertinya informasi baru ditemukan tentang sesuatu setiap hari. Dan topik
tidak terkecuali. Jauhkan membaca untuk mendapatkan berita lebih segar tentang
.

Misalnya, pada masa lalu masyarakat terangkat gengsinya dengan memiliki 10 kartu kredit. Namun, saat ini masyarakat lebih memikirkan menyisihkan dana dan berinvestasi untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak-anak mereka.

Layanan nasabah premium di BNI mensyaratkan simpanan minimal Rp 1 miliar. Ada 8.300 nasabah kelas premium, dari total 11 juta nasabah BNI. Tahun ini kami akan coba menjaring nasabah kelas premium dari rekening simpanan mulai Rp 500 juta, kata Diah.

Teliti standar operasional

Kemarin, Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah menyampaikan, BI meminta semua bank untuk meneliti kembali prosedur standar operasional (SOP). Penelitian itu mencakup kekuatan kontrol dan audit dadakan serta kebijakan sumber daya manusia di tempat yang berisiko tinggi di bank.

Kebijakan itu dilakukan BI setelah perbankan Indonesia diguncang pembobolan dana nasabah Citibank oleh karyawan Citibank, Malinda Dee. Menurut Halim, BI telah meneliti sisi manajemen risiko Citibank, termasuk pengawasan oleh atasan.

Manajemen kontrol mungkin kurang ketat. Rotasi tidak dilaksanakan. Ada kelemahan tidak dilakukan cek dan cek ulang lagi. Mestinya ada audit dadakan juga. Meskipun semua kelihatan baik, kita perlu lihat kewajaran perilaku sumber daya manusia, ini belum dilakukan, kata Halim.

BI, tambah Halim, menyiapkan sanksi dari sisi administrasi. Termasuk kemungkinan melakukan uji kelayakan dan kepatutan lagi terhadap jajaran manajemen Citibank. Untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan terhadap nasabah kelas premium, BI juga sedang membahas langkah-langkah memperketat upaya perlindungan terhadap nasabah ini. (IDR)

 

Jika Anda telah mengambil beberapa petunjuk tentang
bahwa Anda dapat memasukkan ke dalam tindakan, maka dengan segala cara, melakukannya. Anda tidak akan benar-benar dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan baru Anda jika Anda tidak menggunakannya.

Tidak ada komentar: