Kamis, 25 Agustus 2011

Ini Tujuh Kasus Lain Nazaruddin

Bayangkan waktu berikutnya Anda bergabung dengan diskusi tentang
. Ketika Anda mulai berbagi fakta
menarik di bawah ini, teman-teman Anda akan benar-benar takjub.
JAKARTA, KOMPAS.com" Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, tidak hanya diduga terlibat dalam kasus dugaan suap pembangunan wisma atlet SEA Games, Palembang, yang kini dalam tahap penyidikan di KPK. Mantan anggota DPR itu juga diduga terlibat dalam tujuh kasus lain yang tengah diselidiki KPK.

Juru Bicara KPK Johan Budi, Kamis (25/8/2011), mengungkapkan, ketujuh kasus itu terkait proyek-proyek di dua kementerian yakni lima kasus di proyek Kementerian Pendidikan dan dua kasus di proyek Kementerian Kesehatan.

Pengetahuan dapat memberikan keuntungan yang nyata. Untuk memastikan Anda mendapat informasi tentang
, terus membaca.

Adapun lima kasus indikasi korupsi di Kementerian Pendidikan yang diduga melibatkan Nazaruddin antara lain, kasus proyek pengadaan peralatan laboratorium di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tahun 2010, kasus proyek pengadaan laboratorium serta mebel di Universitas Sriwijaya Palembang pada 2010, pengadaan peralatan laboratorium pusat riset dan pengembangan bidang ilmu pengetahuan di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto pada 2010, pengadaan laboratorium di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, dan pengadaan laboratorium di Universitas Malang.

Sedangkan dua kasus di Kementerian Pendidikan yakni pertama, indikasi korupsi pada pengadaan alat bantu belajar mengajar pendidikan dokter spesialis di rumah sakit pendidikan dan rujukan pada Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM (PPSDM) Departemen Kesehatan 2009. Nilai proyek tersebut mencapai Rp 490 miliar.

Kedua, indikasi korupsi pada proyek pembangunan fasilitas produksi riset dan teknologi vaksin flu burung di Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan 2008-2010 dengan nilai proyek Rp 1,3 triliun.Proses penyelidikan terhadap kasus-kasus indikasi korupsi yang diduga melibatkan Nazaruddin itu, kata Johan, terus berjalan.

Selain diduga terlibat kasus-kasus tersebut, Nazaruddin juga diduga terlibat dalam 31 kasus di lima kementerian. Kini, 31 kasus itu masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan di KPK. Ditambah lagi satu kasus lain selain wisma atlet yang dalam tahap penyidikan. Adapun nilai total proyek yang melibatkan Nazaruddin tersebut mencapai Rp 6 triliun.

Anda tidak dapat memprediksi kapan mengetahui sesuatu yang ekstra tentang
akan berguna. Jika Anda belajar sesuatu yang baru tentang
dalam artikel ini, Anda harus file artikel di mana Anda dapat menemukannya lagi.

Tidak ada komentar: