Kamis, 04 Agustus 2011

Jumhur Soialisasikan Moratorium TKI

Artikel menarik alamat beberapa isu kunci tentang
. Pembacaan yang cermat bahan ini bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda berpikir tentang
.
Jakarta, Kompas.com- Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga KerjaIndonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat menyerahkan bantuan uang Rp30 jutauntuk para mantan TKI di Desa Wani II, Kecamatan Tanantovea, KabupatenDonggala, Sulawesi Tengah.

"Bantuan ini untuk pemberdayaan ekonomi mantan TKI," kata Jumhur ketikamenghubungi Kompas di Jakarta, Jumat (5/8/2011).

Sebelumnya, menurut Jumhur, ia melakukan dialog dan buka puasa bersamacalon TKI, mantan TKI, dan keluarga TKI di Balai Desa Wani II. Acara itudiselenggarakan dalam rangkaian hari kedua Safari Ramadhan IV BNP2TKI keSulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan 3-13 Agustus 2011, yang bertema "KitaSemua Peduli TKI".

Informasi tentang
disajikan di sini akan melakukan salah satu dari dua hal: baik itu akan memperkuat apa yang anda ketahui tentang
atau akan mengajari Anda sesuatu yang baru. Keduanya hasil yang baik.

Jumhur berharap, mantan TKI di desa itu dapat membuat usaha yang dapatbermanfaat bagi kehidupan ekonomi mereka. Terkait moratorium atau penghentian sementara penempatan TKI ke ArabSaudi per 1 Agustus lalu, meskipun banyak calon TKI asal Donggala yang inginbekerja di negara itu, Jumhur menjelasakan bahwa moratorium itu merupakankeputusan pemerintah sebagai hasil evaluasi terhadap pelayanan dari sejumlahnegara yang menerima TKI.

"Meskipun merupakan keputusan yang pahit, moratorium untukmelindungi TKI. Pemerintah akan melakukan moratorium terhadap negara-negarayang tidak melayani TKI dengan baik," katanya.

Selain kepada Arab Saudi, pemerintah menerapkan moratorium kepada Kuwait danJordania. Sedangkan moratorium TKI ke Malaysia yang berlangsung sejak Juni2009 akan dicabut dalam waktu dekat.

Jumhur mengatakan, Kuwait telah memintah agar pemerintah Indonesiamencabut moratorium TKI ke negara itu. "Permintaan itu hingga kinibelumdipenuhi selama tidak ada perbaikan pelayanan terhadap TKI dari Kuwait,"ujarnya.

Jadi sekarang Anda tahu sedikit tentang
. Bahkan jika Anda tidak tahu segalanya, Anda sudah melakukan sesuatu yang berharga: Anda telah memperluas pengetahuan Anda.

Tidak ada komentar: