Selasa, 17 Mei 2011

Batu Raksasa Ancam Pemukiman Warga

Paragraf berikut ini merangkum karya para ahli
yang benar-benar akrab dengan semua aspek
. Heed saran mereka untuk menghindari kejutan
.
GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Bukit Putih di Dusun Mundon, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen kembalilongsor. Meski longsoran tidak sampai mengenai rumah warga, namun sebuah batu besar yang terbawa material lumpur kini tersangkut di bukit.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan membaca sedikit lebih, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

Dikhawatirkan, jika hujan deras kembali turun bakal menimbulkan longsoran yang lebih besar."Kami cemas kalau batu tersebut longsor, karena batu sebesar yang tersangkut tersebut jika longsor dipastikan akan sampai ke pemukiman warga," kata Sumiyati, salah satu warga Mundon, Rabu (18/5/2011).

Saat longsor terjadi, Senin (15/05/2011) malam lalu, warga sempat diungsikan mengungsi ke lokasi yang dianggap aman beberapa ratus meter dari pemukiman mereka. "Kondisi ini membuat warga tidak bisa nyaman, terlebih jika hujan turun terpaksa kami harus mencari tempat yang aman," imbuhnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpolinmas dan PB) Gunungkidul, Kasiyo mengatakan, masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan. "Karakter batu di wilayah zona utara termasuk di Mundon, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen ini hanya menempel di tanah sehingga rawan longsor," katanya.

Bila kata mendapat sekitar tentang perintah Anda fakta
, orang lain yang perlu tahu tentang
akan mulai aktif mencari Anda.

Tidak ada komentar: